Perluas Pasar Produk Lokal, Pemkab Wonosobo Digitalisasi Pemasaran UMKM

Perluas Pasar Produk Lokal, Pemkab Wonosobo Digitalisasi Pemasaran UMKM Pejabat Pemkab Wonosobo bersama petinggi Kadin dan Telkomsel. Foto: jatengprov.go.id

Wonosobo, Pos Jateng - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo mulai melatih pelaku UMKM mengenai digitalisasi pemasaran dan produk. Selain untuk mempermudah pengelolaan, digitalisasi akan memperluas pangsa pasar produk lokal ke nasional hingga mancanegara.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan, pihaknya telah menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Wonosobo dan PT Telkom Indonesia untuk pemanfaatan aplikasi dan sistem informasi pemasaran digital. Selain itu, mereka akan mendampingi UMKM yang telah dilatih agar tidak kesulitan di kemudian hari.

“Saya (mengucapkan) terima kasih, atas terjalinnya kolaborasi yang dilakukan Kadin Wonosobo dengan Telkom Indonesia demi kemajuan UMKM di Wonosobo,” kata Afif dalam keterangannya, dikutip dari jatengprov.go.id, Minggu (31/7).

Sementara itu, Ketua Kadin Wonosobo, Dwi Sukatman menyampaikan, baru 14% dari 94 ribu UMKM di Indonesia yang telah menerapkan digitalisasi sektor usaha. Hal itu disebabkan oleh permasalahan kompetensi, permodalan yang rendah. Karenanya, pihaknya berkomitmen memberikan pendampingan terhadap UMKM di Wonosobo, menuju market place yang lebih besar daripada saat ini.

“Kami akan menggenjot capaian angka tersebut untuk UMKM Wonosobo menuju go modern, go digital, dan go public,” jelasnya.