Monggo Lapor Tangani Aduan Masyarakat Kota Magelang
Pemerintah Kota Magelang berkomitmen dalam penanganan aduan dan keterbukaan informasi publik berjalan lebih cepat dan lancar. Sehingga terbangun kepercayaan dari masyarakat kepada pemerintah.
Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, meminta kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus mengevaluasi laporan yang masuk ke kanal aduan yang disediakan, serta menunjuk personel sebagai pengelola laporan masyarakat. Selain melalui kecepatan dalam menanggapi laporan warga yang masuk, Azis mengatakan, perlu adanya kekompakan antar-OPD agar masalah yang terjadi di lapangan cepat teratasi.
“Apa yang memang diharapkan masyarakat tentang apa kurangnya dari OPD terkait untuk segera ditindaklanjuti, dan harus bersinergi dari bawah sampai ke Kepala OPD-nya,” ucap Aziz saat menghadiri kegiatan Penandatanganan Kerjasama Pemkot Magelang dengan Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Semarang, Selasa (22/6).
Menurutnya, kesepakatan bersama dengan Pattiro merupakan upaya Pemkot Magelang dalam percepatan tindak lanjut keterbukaan informasi publik melalui website dan kanal pengaduan masyarakat. Salah satunya, aksi penguatan pelayanan publik, yang mendorong keterbukaan informasi publik dan peningkatan pengawasan masyarakat melalui kanal “Monggo Lapor”.
Kerjasama tersebut diharapkan dapat meningkatkan respons dan penanganan terhadap keluhan atau aspirasi warga.