Salatiga - Pelayanan publik di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), meningkat saban tahunnya. Penilaian dilakukan Ombudsman.
Pemerintah kota (pemkot) mendapat skor 53,10 pada 2016. Masuk zona kuning dengan predikat kepatuhan sedang. Ada 52 produk layanan administrasi yang dinilai.
Nilainya menjadi 55,09 pada tahun berikutnya. Terdapat 61 produk layanan. Skor meningkat drastis pada 2018. Menjadi 92,27 dari 58 produk layanan yang dinilai. Pun masuk zona hijau dengan predikat kepatuhan tinggi.
Ini bukti Pemkot Salatiga memiliki komitmen tinggi untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik, ujar Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, Jumat (22/3).
Sementara, Anggota Ombudsman, Alvin Lee, menyatakan, program dan janji saat kampanye terkait pelayanan publik. Pejabat tak berfungsi baik, bila pelayanan publiknya buruk.