Surakarta, Pos Jateng - Sebanyak 105 UMKM se-Solo Raya mengikuti pelatihan digital entrepreneurship yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Kegiatan yang bekerja sama dengan Kementerian Kominfo tersebut bertujuan melatih para UMKM agar mampu bersaing dalam digital marketing.
Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa mengatakan, pelaku UMKM harus beradaptasi dengan era Covid-19 saat ini. Sehingga, pelatihan ini untuk membantu usaha mereka tetap survive meski terbatas ruang geraknya karena pandemi.
Penjualan secara online laris sekali. Dan kesempatan kali ini yang digelar Kominfo untuk melatih UMKM belajar digital marketing, sesuai dengan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali kota Kurakarta, untuk meningkatkan UMKM Kota Surakarta terus bertahan, bahkan semakin meningkat ke kelas menengah ke atas, ujar Teguh di sela-sela pelatihan, Kamis (3/2).
Teguh mengatakan, penggunaan teknologi juga penting agar UMKM Kota Surakarta mampu bersaing, sehingga turut mengiklankan Kota Solo yang tidak hanya dikenal sebagai kota budaya dan wisata. Namun, Kota Solo juga bisa dikenalsebagai kota perdagangan digital, kuliner dan smart city.
Perwakilan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta, Suwarto menjelaskan pentingnya pelatihan tersebut bagi UMKM dalam rangka mempersiapkan pengusaha Tangguh. Pelatihan ini juga untuk meningkatkan pendapatan usahanya, mengelola keuangan dan akses dana dengan memanfaatkan teknologi.