JAKARTA-Untuk menggenjot pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui marketplace, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).
Selama ini kami jemput bola ke sejumlah kabupaten. Kami mengumpulkan UMKM yang mempunyai produk dan kami latih mereka supaya bisa jualan melalui e-commerce, kata Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Samsul Widodo di sela workshop bertajuk Dekranasda Go Online Bersama Shopee di Jakarta, Kamis (29/08/2019).
Mewujudkan hal itu, Ditjen PDT bersama Shopee mengundang ibu-ibu binaan Dekranasda untuk mengikuti pelatihan, sehingga bisa memiliki bayangan konkret bagaimana memasarkan produk UMKM melalui e-commerce.
Di acara tersebut, mereka bisa berdiskusi dengan para top seller di Shopee.
Kami undang ke sini karena Dekranasda bisa menjadi hub atau tempat membantu UMKM untuk bisa jualan secara daring, jelas Samsul.