JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengajak platform pasar daring (marketplace) mempromosikan produk desa. Hingga kancah global.
Mulanya, terang Direktur Jenderal PDT, Samsul Widodo, turut mengonsolidasikan produk usaha kecil dan menengah (UKM) di perdesaan. Agar laik ekspor.
Bagaimana kita bisa menghasilkan produk yang bisa kita ekspor? Ini yang harus kita pikirkan bersama, ucapnya, sela lokakarya Peran E-Commerce dalam Menembus Pasar Global sela acara Pasar idEA (Indonesian E-Commerce Association) di Jakarta, Jumat (16/8).
Perusahaan rintisan (startup), menurut dia, juga mesti turun tangan. Mengedukasi pemerintah daerah. Sehingga, ekspor produk desa menjadi gerakan nasional.
Jadi, tidak masing-masing. Ini problem kita yang sebenarnya bisa kita atasi, ujar Dodo, nama panggilannya.